Besar Pasak Daripada Tiang

Perencanaan dalam hidup sangatlah penting, perencanaan sangat diperlukan agar segala sesuatunya lebih tertata dan terencana. Banyak orang yang mengabaikan perencanaan dan hanya menuruti keinginannya saja, ada banyak alasan, namun setelah menemui kegagalan barulah dia sadar kalau semua sudah terlambat.

Ambil contoh mudah adalah orang yang bergaya hidup mewah, pendapatan kecil namun gaya hidupnya seperti orang yang mempunyai pendapatan besar. Karena tidak bisa mengontrol diri, yang terjadi adalah banyaknya pinjaman untuk menutupi kebutuhan yang tidak sebanding dengan penghasilannya.
Besar Pasak Daripada Tiang
Perencanaan Keuangan / img: investasiajaib.blogdetik.com
Ada peribahasa yang dapat menggambarkan kondisi semacam ini, peribahasa tersebut berberbunyi Besar pasak daripada tiang yang artinya kurang lebih demikian:

Besar pasak daripada tiang  
artinya:
Lebih besar pengeluaran daripada pendapatan

Tentu saja kita tidak ingin mengalami nasib seperti apa yang saya contohkan diatas, bukan?. Perencanaan itu penting, hidup perlu perhitungan agar kita tidak dibuat pusing. Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan sesuatu, misalkan hendak berbelanja, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan:
  • Berapa uang yang kita punya?, ini adalah hal yang paling mendasar, kalau belum punya cukup uang alangkah baiknya menunda keinginan, atau bisa dengan sistem kredit tapi harus dipertimbangkan juga sumber penghasilan untuk membayar, jangan terlalu memberatkan.
  • Kebutuhan apa yang menjadi prioritas?, harus dikerucutkan dari sekian banyak kebutuhan mana yang mendesak untuk kita utamakan, jangan terpengaruh dengan promosi atau barang-barang lain yang belum tentu kita butuhkan secepatnya.
  • Jangan habiskan uang hanya untuk sekali belanja, pertimbangkan juga kebutuhan lain yang perlu dicukupi juga.
  • Pertimbangkan kapan akan mendapatkan pemasukan lagi, agar lebih mudah merencanakan.
  • Usahakan untuk menyisihkan penghasilan bulanan agar nanti bila ada kebutuhan mendadak kita punya tabungan untuk mencukupinya.
Dengan perencanaan keuangan yang baik akan mempermudah dalam menata keuangan, menjadikan hidup akan lebih tertata, pengeluaran tidak melebihi pendapatan, tidak besar pasak daripada tiang. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih sobb..... :-D

zachrun fuady mengatakan...

Thanks Mas bro :(