Ada Gula Ada Semut

Uang bukanlah tolok ukur kebahagiaan seseorang, itu benar, minimal menurut pendapat sebagian orang. Tapi, dalam hidup terkadang uang atau kekayaan bisa menjadi sesuatu yang bisa dijadikan acuan dalam tingkat strata sosial di masyarakat. 

Masyarakat sering menganggap bahwa orang kaya atau banyak harta mempunyai strata sosial lebih tinggi, sehingga tak jarang banyak orang yang berkunjung kerumah orang yang mempunyai strata sosial lebih tinggi tersebut. 

Ada sebuah peribahasa yang berbunyi Ada gula ada semut artinya orang yang kaya atau banyak harta sering dikunjungi orang. 

Meski demikian, seharusnya kekayaan tidak lantas membuat orang menjadi sombong. Sebanyak apapun uang, kalau hanya membuat orang menjadi sombong itu akan menjadi suatu kesia-siaan. Menjadi orang kaya hendaknya tetap rendah hati dan tidak menjadi sombong. 

Menjadi sebuah kebahagiaan apabila kelebihan harta menjadi sarana untuk berbagi. Mereka yang datang berkunjung pun juga akan merasakan kebahagiaan dengan apa yang telah dibagi.

*******

Dalam pengertian yang lain, Ada gula ada semut adalah peribahasa arti lengkapnya kurang lebih adalah sebagai berikut:

Ada gula ada semut
artinya:
Dimana ada banyak kenikmatan, disitu banyak orang yang berdatangan

Demikian arti peribahasa tersebut, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait