Ikut Hati Mati, Ikut Rasa Binasa

Manusia adalah mahluk yang sempurna bila dibandingkan dengan ciptaan Tuhan lainnya. Selain dibekali dengan nafsu, manusia juga dibekali dengan akal. Dengan adanya akal manusia sebisa mungkin dapat mengendalikan hawa nafsunya. Namun demikian, tidak sedikit orang yang sering terbawa hawa nafsu dan tidak menggunakan akal mereka.

Sebagai orang yang dibelaki dengan akal, tentu saja dalam setiap aspek kehidupan kita gunakan akal agar lebih dapat mengendalikan diri dan tidak terjerumus dalam hal-hal buruk. Ada peribahasa yang berbunyi Ikut hati mati, ikut rasa binasa yang arti lengkapnya kurang lebih sebagai berikut:

Ikut hati mati, ikut rasa binasa
artinya: 
Orang yang hanya menuruti hawa nafsunya saja.

Demikian arti peribahasa beserta artinya. Semoga saja kita bisa menahan diri, menggunakan akal dan mengendalikan hawa nafsu. Apa yang saya tuliskan disini khususnya arti dari peribahasa tersebut saya peroleh dari buku kumpulan peribahasa dan dari sumber lain yang terpercaya. Bila dirasa masih kurang tepat atau belum dapat membuat Anda puas, maka Anda bisa mencari referensi lain yang dapat dijadikan guna menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu. Semoga bermanfaat.