Wayang Kepadaman Damar

Wayang, tentunya kita pernah tahu bentuknya, atau minimal pernah dengar nama wayang. Kalau peribahasa wayang kepadaman damar, saya kira peribahasa ini masih asing bagi kita (saya). Nah, berikut arti dari peribahasa tersebut:

Wayang kepadaman damar 
artinya  
Situasi yang kacau balau.

Sebagai gambaran, wayang adalah kesenian daerah atau warisan budaya. Dalam peribahasa ini, istilah wayang yang digunakan adalah wayang kulit yang dalam pergelarannya dilakonkan atau dijalankan oleh dalang. Dalam pementasannya menggunakan geber atau layar yang diterangi oleh lampu. Tapi, sebelum ada lampu seperti sekarang, pementasan wayang jaman dulu menggunakan lampu dengan bahan bakar minyak, yang bisa juga disebut damar

Nah, sudah jelas bukan hubungan antara wayang (kulit) dengan damar?. Kalau pertunjukan wayang tidak ada damar otomatis wayang tidak terlihat karena gelap.
 
Demikian arti peribahasa beserta artinya. Apa yang saya tuliskan disini khususnya arti dari peribahasa tersebut saya peroleh dari buku kumpulan peribahasa dan dari sumber lain yang terpercaya. Bila dirasa masih kurang tepat atau belum dapat membuat Anda puas, maka Anda bisa mencari referensi lain yang dapat dijadikan guna menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu. Semoga bermanfaat.